Ketahui 7 Cara Ternak Burung Kenari Yang Wajib Dipelajari Bagi Pemula

Ketahui 7 Cara Ternak Burung Kenari Yang Wajib Dipelajari Bagi Pemula – Saat ini, menggembangbiakkan burung kicau telah menjadi tren bagi sebagian pecinta hewan. Salah satu burung kicau yang dikembangbiakkan adalah burung kenari. Bagi yang baru mengenal burung ini, wajib mengetahui bagaimana cara ternak burung kenari yang benar.

Memiliki nama binomial Serinus canaria, burung kenari ternyata berasal dari kepulauan Canary yang berada di dekat benua Afrika. Burung tersebut kemudian dibawa dan dikembangbiakkan di berbagai negara Eropa. Untuk mengembangbiakkan burung ini, berikut cara-cara ternak yang wajib dipelajari:

1. Ketahui Ciri-Ciri Burung Kenari Secara Umum

Sebagai pemula, perlu mengetahui ciri-ciri burung kenari yang dikenal sebelum mempelajari cara beternaknya. Ada beberapa faktor yang perlu diketahui mengenai burung kenari, yaitu:

  • Mudah beradaptasi. Tidak terlalu membutuhkan persiapan yang banyak untuk menciptakan lingkungan yang dapat diterima burung kenari.
  • Suaranya yang nyaring. Kenari memiliki suara yang nyaring, dan akan meniru kicauan apabila diajak oleh burung kicau di sekitar.
  • Perbedaan jenis kelamin. Kenari jantan biasanya memiliki bulu yang lebih terang. Selain itu, bagian kelaminnya tampak menonjol, sedangkan kenari betina tidak.
  • Kualitas induk. Pastikan induk masih berusia 8 bulan untuk kelamin jantan, dan 6 bulan untuk kelamin betina.

2. Persiapkan Kandang Yang Ideal Untuk Kenari

Cara ternak burung kenari selanjutnya adalah dengan mempersiapkan kandang yang ideal. Dengan sifatnya yang mudah beradaptasi, burung kenari tidak memiliki banyak aturan dalam memilih kandang yang tepat.

Pembaca dapat membuat atau membeli sangkar gantung yang biasa dijual di pasar. Selain sangkar gantung, dapat memilih sangkar baterai atau koloni. Pastikan ukuran kandang cukup luas dengan panjang, lebar, dan tinggi minimal 40 cm.

3. Pilihlah Pakan Yang Sesuai Untuk Kenari

Untuk merawat burung kenari, tentunya harus memilih pakan yang sesuai dengan kebutuhan gizi kenari. Sebagai pemakan biji-bijian, burung kenari dapat mengkonsumsi biji jagung, biji wijen, dan lain sebagainya. Tetapi, pastikan untuk tidak memberinya secara berlebihan.

Selain biji-bijian, juga diperbolehkan memberi pakan sampingan untuk burung kenari. Pakan sampingan dapat berupa buah, sayuran, hingga daun yang dipotong kecil-kecil.

4. Ketahui Cara Merawat Kenari Yang Benar

Sebagai majikan yang bijak, harus merawat kenari dengan betul. Burung kenari yang sehat, akan menghasilkan anak burung yang juga sehat. Berikut tips-tips untuk merawat burung kenari:

  • Bersihkan kandang secara rutin agar kesehatan burung kenari tetap terjaga.
  • Mandikan burung kenari setiap hari, lalu jemur dibawah terik sinar matahari.
  • Berikan suplemen alami untuk melindungi burung dari penyakit.
  • Pastikan lokasi kandang terhindar dari debu dan polusi lalu lintas.

5. Pelajari Cara Menjodohkan dan Mengawinkan Kenari

Apabila ingin beternak dan menggembangbiakkan burung kenari, maka juga perlu mengetahui cara menjodohkan dan mengawinkan kenari. Seperti burung kicau lainnya, ada cara tertentu yang dipercaya dapat membuat burung kenari tertarik dengan satu sama lain. Begini caranya:

  • Mula-mula, dekatkan kandang kenari jantan dengan betina. Pembaca juga dapat menaruh kedua burung dalam satu sangkar yang sama, namun pastikan ada sekat diantaranya untuk mencegah terjadinya perkelahian.
  • Pastikan kandang menghadap sinar matahari. Hal ini untuk merangsang birahi burung kenari.

6. Persiapkan Sarang Telur Kenari

Jika kedua burung sudah tertarik dan telah kawin, maka dapat mempersiapkan kandang dan sarang telur kenari. Pastikan kandang memiliki suhu yang hangat dengan menaruh lampu. Telur akan menetas setelah dierami sekitar 11-14 hari.

7. Rawatlah Anak Kenari Setelah Menetas

Cara ternak burung kenari yang terakhir adalah merawat anak kenari yang sudah keluar dari telurnya. Selama sebulan penuh, harus memberi asupan bergizi dari air dan telur rebus. Pembaca juga dapat memberikan vitamin untuk anak burung.

Apakah sudah paham bagaimana cara ternak burung kenari yang benar? Dengan perawatan yang tepat, maka burung kenari dapat berkembang dengan baik hingga ke anak-anaknya. Pastikan untuk selalu melakukan perawatan burung kenari dengan baik.

2 thoughts on “Ketahui 7 Cara Ternak Burung Kenari Yang Wajib Dipelajari Bagi Pemula”

Leave a Comment