Simaklah 4 Cara Memasang Plafon Pvc yang Bisa Dicoba!

Simaklah 4 Cara Memasang Plafon Pvc yang Bisa Dicoba! – Pasang plafon pvc sendiri di rumah tidak sesulit yang dibayangkan. Pilihan plafon pvc ini karena harga yang ekonomis dengan kualitas yang bagus dan tahan lama. Plafonnya bersifat ringan dan mudah dibentuk serta banyak desain yang menarik. Kemudian bagaimana cara memasang plafon pvc? Inilah 5 cara yang harus dilakukan:

1. Persiapkan Bahan dan Alat yang Dibutuhkan

Terlebih dahulu sebelum memulai memasang plafon pvc, pendekor harus mempersiapkan bahan dan alat yang dibutuhkan saat memasangnya. Bahan utamanya adalah plafon pvc sendiri ukuran 2×4 dan 4×4. Selain itu juga ada peralatan yang membantu pemasangan plafon pvc.

Bahan lainnya adalah Rangka plafon bisa terbuat dari bahan kayu atau besi jenis hollow. Kedua, pilih kualitas yang bagus pada plafon pvc nya. Ketiga paku sebagai penghubung rangka dan plafonnya, disarankan memakai paku biasa daripada beton. Keempat sekrup gunanya sebagai perekat rangka plafon.

Bahan berikutnya yang perlu disiapkan ada bor dengan ukuran tidak lebih 10 milimeter. Kemudian ada cutter atau alat untuk memotong yang lain. Ada juga mata bor untuk pemasangan di bagian sekrup. Gerinda dan siku juga tidak luput disiapkan. Penting dan jangan tertinggal adalah meteran dan stop kontak untuk kabel.

2. Pasanglah Kerangka Plafon PVC

Setelah melakukan berbagai persiapan baik dari bahan dan alat yang dibutuhkan. Cara memasang plafon pvc berikutnya adalah memasang rangka plafon pvc. Namun perlu diketahui sebelum dipasang kerangkanya, pendekor harus memastikan berapa ketinggian dan menandainya.

Syarat lain sebelum dipasang adalah penandaan ketinggian tidak boleh lebih dari ring balok yang ada. Pasalnya ring tersebut merupakan tembok yang bahannya keras sehingga saat di paku akan bengkok. Alat tanda yang digunakan sarannya gunakan selang waterpass sehingga terlihat rata.

Plafon pvc dianjurkan agar mencapai ketinggian minimal 3 meter. Alasannya jika plafon pvc semakin tinggi maka dianggap dapat semakin bagus. Setelah proses tadi dilakukan maka pemasangan plafon bisa dilakukan. Pasanglah dengan hati-hati di bidang yang ditentukan. Periksa tiap sudutnya telah pas atau sesuai dengan bidangnya.

3. List Profil Plafon PVC Pasanglah

Cara memasang plafon pvc harus mengikuti prosedur yang ada. Setelah pemasangan rangka plafon nya maka langkah selanjutnya adalah pemasangan pada list profil plafon. Lakukan dengan hati-hati agar pemasangan tepat dan tidak bongkar-bongkar karena tidak sesuai keinginan.

cara memasang plafon pvc

Maka tips pemasangan list profil pvc nya adalah memasang di sekitar bagian tembok yang berada di bawah persis rangka plafon pvc yang sebelumnya sudah dipasang. Pemasangan itu menggunakan alat sekrup dan bor secara berurutan dari sudut tembok paling ujung. Rapikan bagian yang melebihi batas dengan memotongnya.

Proses pemotongan dapat dilakukan dengan alat gergaji. Apabila tidak menemukan bisa dengan gerinda. Saat pemasangan dan pemotongan terus diperhatikan keamanan anggota tubuh. Terutama pada tangan dan mata agar terlindungi dari paparan debu dan partikel yang halus. Saran lain saat memasang sekrup berikan jarak antara 30 sampai 50 mm.

4. Papan Plafon PVC Pasangkan

Apabila cara pemasangan rangka plafon dan list profilnya sudah terpasang. Maka sekarang silahkan untuk dipasang papan plafon pvc nya. Sama hal nya dengan memasang list profil plafon pvc maka pemasangan papan juga gunakan sekrup untuk perekat dan bor sebagai alatnya. 

Lakukan dengan cermat agar hasil maksimal.Pasanglah satu lembar papan di bagian sebelah satu sisi pinggir tembok. Hal tadi merupakan langkah penempelan papan ke pinggir dinding.Setelah menempelkan papan maka masukkan bidang papan plafon ke list profilnya. 

Kunci dengan sekrup dan alat bor agar papan kuat. Setelah pemasangan papan terlihat rapi maka lanjutkan ke bagian sisi list profil yang lain. Sehingga papan yang lain bisa terpasang dan seluruh bagian rangka plafon tertutupi dengan papan plafon pvc nya. 

Demikian cara memasang plafon pvc yang telah dijelaskan. Persiapkan bahan dan alat terlebih dahulu. Kemudian pasang rangka plafon, dan list profilnya. Baru kemudian papan pvc nya. Bahan yang tahan lama dan harga terjangkau menjadi orang memilih plafon pvc.

Leave a Comment