5 Cara Menata Ruang Tamu yang Menyatu dengan Ruang Keluarga, Praktis!

5 Cara Menata Ruang Tamu Yang Menyatu Dengan Ruang Keluarga, Praktis! – Mendesain ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga memang terbilang sulit. Pengapilikasiannya juga tergantung pada kondisi ruangan. Maka dari itu cara menata ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga membutuhkan trik yang tepat. Hal tersebut dilakukan agar ruangan yang ditata menjadi nyaman dan cantik.

Namun ada sebagian rumah yang mempunyai tatanan sengaja dibuat menyatu dengan ruang keluarga. Tentunya dengan penataan yang bagus sehingga tetap berfungsi sebagaimana mestinya. Berikut trik menata ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga:

1. Memanfaatkan Partisi

Cara menata ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga yang pertama yaitu dengan memakai partisi. Partisi dapat dipilih jika kondisi ruangan tamu dan ruang keluarga namun ingin tetap ada pembatas diantara kedua ruangan. 

Supaya ruangan tidak terlihat sempit pilihlah partisi dengan bahan tipis atau tidak terlalu tebal.Hindari partisi berbahan tebal seperti lemari. 

Untuk alternative bisa memilih memakai partisi yang berupa ornamen-ornamen, rak pajangan yang tipis atau bisa juga memilih rak buku. Walaupun penggunaan partisi tidak membuat ruangan terpisah dengan jelas, akan tetapi penggunaan partisi tetap bisa membatasi ruangan dan segala aktivitas yang sedang dilakukan.

2. Menggunakan Desain Senada

Untuk menata ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga namun luas ruangannya terbatas, maka salah satu caranya adalah memilih desain ruangan yang senada. Menggunakan desain senada tujuannya supaya ruangan tampak lebih luas. Jangan memilih desain berbeda antara dua ruangan apalagi tidak ada sekat diantara kedua ruangan.

Jika memilih desain yang berbeda selain ruangan tampak aneh, kedua ruangan juga akan tampak sempit. Cat yang dipakai juga harus senada dengan perabotan yang akan diletakan di ruang tamu dan ruang keluarga. Penataan ruangan yang senada akan membuat ruangan menjadi lebih lapang dan nyaman.

3. Memilih Perabot Yang Bergaya Minimalis dan Tidak Besar

Cara menata ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga selanjutnya yakni dengan memilih perabotan yang bergaya minimalis. Desain perabot minimalis akan sangat cocok dipakai sebagai cara mendapat ruang keluarga yang penataannya sederhana atau simple. Penggunaan perabot juga jangan terlalu banyak agar ruang tidak sempit dan penuh.

Perabotan yang bergaya minimalis mempunyai bentuk yang simple atau sederhana dan juga tidak membutuhkan banyak ruang. Sehingga ruangan menjadi nyaman dan juga tidak sempit. Dengan menggunakan perabot yang minimalis tampilan ruangan juga menjadi lebih stylish dan lapang. Selain itu ruangan juga bisa tampak lebih rapi.

4. Menggunakan Tirai

Tirai tidak hanya berfungsi sebagai penutup pada jendela namun juga bisa digunakan untuk pembatas ruangan. Pemakaian tirai sifatnya fleksibel. Tirai dapat dibuka dan ditutup mengikuti kebutuhan pengguna rumah.

Penggunaan tirai juga harus senada dengan warna dan tema seluruh ruangan. Tirai bisa ditutup ketika ada tamu yang bukan saudara. Sedangkan jika tamu yang hadir adalah kerabat dekat atau saudara maka tirai bisa tetap dibuka.

5. Memberikan Perbedaan Tinggi Antara ruang Tamu dan Ruang Keluarga

Cara menata ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga yang terakhir yaitu dengan memberi perbedaan tinggi lantai antara ruang tamu dan ruang keluarga. Pemilik rumah bisa membedakan tinggi lantai antara 10 sampai dengan 15 cm. Hal ini memberi kesan ruangan terlihat berbeda diantara keduanya.

Meskipun tanpa sekat kedua ruangan akan terlihat berbeda. Cara ini merupakan cara yang simple akan tetapi sangat efektif untuk menyiasati kedua ruangan. Cara ini juga memberi efek nyata untuk membedakan kedua ruangan.

Demikian 5 trik dan tips cara menata ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga. Trik-trik di atas bisa dicoba dan diterapkan agar ruang tamu serta ruang keluarga yang menyatu menjadi lebih bagus penataannya. Penataan pada ruang memang sangat mempengaruhi kesan dari ruangan tersebut.

Leave a Comment