Cobalah 9 Tips Memilih Kombinasi Warna Cat Rumah!

Cobalah 9 Tips Memilih Kombinasi Warna Cat Rumah! – Desain rumah juga meliputi bagian cat. Pilihan cat yang beragam tentu harus disesuaikan dengan kondisi rumah dan kemauan penghuninya. Namun, jika masih bingung bagaimana mengkombinasikan warna cat. Perlu adanya pemahaman tentang tips memilih kombinasi warna cat rumah. Inilah tips yang bisa dicoba:

1. Pilih Warna Sesuai Kemauan Penghuni

Tips pertama untuk kombinasi rumah tidak lepas dari apa yang diinginkan penghuninya. Misalnya saja ingin cat warna hijau. Lalu kombinasi warna apa yang cocok dengan merah? Penghuni rumah tidak perlu risau, pilihlah warna yang memang cocok sama kehendak penghuni.

Saat suka dengan warna merah maka pilihlah warna lain yang disukai pula. Merah dikombinasikan dengan warna kuning misalnya. Warna apapun yang dikombinasikan asal suka maka hunian rumah dengan paduan warna cat menjadi indah saja di mata penghuninya.

2. Batasi Pilihan Warna dengan Suasana Sejuk

Sejumlah pertanyaan akan terbersit di benak pikiran penghuni. Apalagi saat bangun rumah atau renovasi. Pertanyaan yang kerap muncul adalah cat warna apa yang cocok dan dengan warna apa? Sebenarnya hal itu bisa diatasi dengan membatasi pilihan warna. Cukup pilih dua sampai tiga pilihan warna agar cat tampak indah dan tidak berantakan karena banyak warna cat.

Apalagi bagi penghuni rumah yang suka kehijauan dan artinya pepohonan. Tepat bangun rumah di daerah gunung atau desain yang menyejukkan suasana. Maka pilihan kombinasi cat rumah yang cocok adalah warna coklat dan abu-abu. Warna yang menyejukkan identik dengan kehalusan tipe warna untuk cat.

3. Kombinasikan dengan Warna yang Ada di Furnitur dan Kepribadian

Tips memilih kombinasi warna cat rumah berikutnya adalah menyesuaikan dengan warna yang ada di furnitur di rumah. Misalnya sofa di ruang tamu warna biru maka bisa dikombinasikan dengan warna putih untuk menghindari gelap ruangan. Bisa juga dipadukan dengan warna abu abu yang memberi suasana hangat.

Banyak informasi yang ditayangkan terkait warna yang cocok dengan kepribadian. Hal ini bisa menjadi rujukan untuk kombinasikan warna kepribadian penghuni rumah. Misalnya ada suami istri dan anak. Kombinasikan ketiga warna tadi pada cat rumah. Selain mengingatkan kepribadian juga menciptakan keharmonisan.

4. Lakukan Trial Warna Cat dengan Warna Dekorasi Memilih Kombinasi Warna Cat

Trial apabila diartikan dalam bahasa indonesia adalah uji coba. Penghuni rumah bisa melakukan uji coba pada cat warna untuk rumah. Namun, jangan langsung dipraktekkan di tembok. Akan tetapi ambil kertas atau kayu atau bahan apapun yang bisa menjadi media perantara uji coba cat rumah. Saat memiliki berbagai pilihan warna uji cobakan dan lihat hasilnya.

Tips berikutnya adalah dengan pertimbangkan antara warna cat rumah dengan dekorasi yang ada. Contohnya saja saat punya kain etnik di dinding. Lihatlah apakah warna yang dipilih sesuai misalnya merah muda cocok dengan kain atau tidak. Apabila dipandang cocok maka kombinasikan warna cat dengan dekorasi rumah.

5. Atur Pencahayaan dari Matahari dan Lampu

Tips kombinasi warna cat rumah selain dengan memadukan secara langsung juga bisa lewat pencahayaan langsung dari matahari. Saat di rumah ada kombinasi warna cat contoh saja warna kuning dilihat apakah cahaya matahari yang masuk memberikan keindahan atau justru tidak. Ini salah satu tips natural agar kombinasi warna cat di rumah terlihat cocok.

Tips yang cocok juga apabila dikombinasikan dengan warna lain bisa dilihat dari pencahayaan lampu. Apabila lampu dinyalakan entah itu lampu gantung dan duduk terlihat warna yang bagus maka pilihan kombinasi tepat. Misalnya kombinasi warna coklat dengan hijau.

Itulah tips memilih kombinasi warna cat rumah yang bisa diaplikasikan. Ada berbagai tips yang dijelaskan, dan lakukan pengamatan sebelum memutuskan kombinasi warna cat yang cocok untuk dalam rumah. Maka, penghuni akan nyaman dengan pilihannya. 

Leave a Comment