Terkini

Huawei Menandatangani Kesepakatan dengan Perusahaan Telekomunikasi Rusia untuk Mengembangkan 5G

huawei menandatangani kesepakatan

Wakil Ketua Huawei Guo Ping berjabat tangan dengan Presiden MTS Alexei Kornya

 

Huawei Telah Menandatangani Kesepakatan dengan Perusahaan Telekomunikasi Rusia MTS untuk Mengembangkan Teknologi 5G di Rusia.

Perusahaan-perusahaan akan mengembangkan jaringan 5G generasi berikutnya di Rusia selama tahun depan.

Kesepakatan tersebut disepakati ketika Presiden Tiongkok, Xi Jinping, memulai kunjungan tiga hari ke Rusia.

Hal itu terjadi ketika beberapa negara Barat, yang dipimpin oleh AS, telah memblokir perusahaan China karena kekhawatiran akan menimbulkan risiko keamanan nasional.

Kesepakatan itu akan melihat “pengembangan teknologi 5G dan peluncuran percontohan jaringan generasi kelima pada tahun 2019 dan 2020,” kata MTS dalam sebuah pernyataan, menurut AFP.

Kesepakatan itu kemungkinan akan memberikan sedikit bantuan kepada Huawei yang telah mendapat perhatian internasional dalam beberapa bulan terakhir.

Mengapa Huawei Menarik Kontroversi?

Huawei telah menjadi bagian sentral dari perebutan kekuasaan AS-Cina yang dimulai dalam perdagangan dan sekarang dimainkan di sektor teknologi.

AS telah mendorong sekutu untuk memblokir Huawei (pembuat peralatan telekomunikasi terbesar di dunia) dari jaringan 5G mereka, dengan mengatakan pemerintah Cina dapat menggunakan produknya untuk pengawasan.

Huawei menolak klaim ini dan mengatakan itu independen dari pemerintah.

Namun, beberapa negara termasuk Australia dan Selandia Baru telah memblokir Huawei dari memasok peralatan untuk jaringan seluler 5G.

Upaya Washington untuk memblokir Huawei, meningkat bulan lalu ketika pemerintahan Trump menempatkan perusahaan itu di “daftar entitas”, yang melarang perusahaan AS melakukan perdagangan dengan perusahaan, kecuali mereka memiliki lisensi.

Perpindahan AS ke daftar hitam Huawei dapat memiliki konsekuensi yang luas.

Ini akan merugikan Huawei, yang juga pembuat smartphone terbesar kedua di dunia karena mendapat setengah dari chip yang digunakannya dari pemasok AS.

Sementara itu, perusahaan-perusahaan AS dapat kehilangan pelanggan utama dan pengembangan 5G dapat menderita mengingat Huawei adalah pemain yang sangat penting dalam pengembangannya, kata para analist.

Langkah Washington melawan Huawei dipandang oleh sebagian orang sebagai bagian dari strategi yang lebih luas untuk mengekang kepentingan Cina yang semakin meningkat di dunia.

China dan AS juga telah berperang dalam perang dagang tahun lalu, menetapkan tarif miliaran dolar dari barang satu sama lain.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close