5 Manfaat Kunyit Untuk Tanaman Cabe Agar Berbuah Banyak

5 Manfaat Kunyit Untuk Tanaman Cabe Agar Berbuah Banyak – Cabe merupakan tanaman yang sebetulnya mudah dibudidayakan karena bisa ditanam di lahan sempit bahkan di dalam pot. Tapi agar mendapatkan hasil yang baik, tanaman cabe harus dirawat. Salah satu caranya adalah dengan mengambil manfaat kunyit untuk tanaman cabe sebagai pestisida alami.

Kunyit atau kunir (curcuma domestica) adalah salah satu tanaman rempah yang sering dimanfaatkan sebagai bumbu untuk memasak bahkan juga berfungsi sebagai obat alami. Selain itu kunyit juga memiliki fungsi lain untuk tanaman, termasuk tanaman cabe, seperti yang dibahas berikut:

1. Sebagai Pestisida Alami

Tanaman cabe seringkali menderita serangan hama sehingga menjadi busuk atau bahkan mati. Untuk merawatnya sering digunakan pestisida. Jenis pestisida terbaik adalah yang alami agar tidak mengganggu aspek fisiologis tanaman atau fotosintesis pertumbuhannya.

Kunyit bubuk bisa menjadi pestisida alami dengan cara menaburkannya di sekitar pangkal tanaman cabe. Karena baunya cukup menyengat, hama biasanya tidak suka. Khususnya semut jadi tidak mau mendekati tanaman cabe sehingga tidak merusak batang atau daun cabe.

Cara lain adalah dengan memarut kunyit lalu dicampurkan dengan air, deterjen sedikit. Lalu bisa disiramkan pada tanaman. Hal ini akan membasmi kutu daun, ulat, belalang, penggerek batang dan tungau.

2. Sebagai Pembasmi Jamur (Fungisida)

Salah satu musuh tanaman adalah terkena penyakit jamur. Tanaman akan terlihat seperti terkena tepung putih. Ada yang menyebutkan dengan nama embun tepung. Penyakit jamur ini memang tidak akan membunuh tanaman cabe, tapi nanti pertumbuhannya buruk sehingga hasilnya juga tidak memuaskan.

Untuk mengatasi hal ini, campurkan satu bagian kunyit dengan dua bagian abu kayu. Lalu taburkan di pagi hari dan usahakan tidak terkena angin besar.

3. Sebagai Penyembuh “Luka”

Manfaat kunyit untuk tanaman cabe lainnya adalah kemampuannya sebagai antiseptik yang juga sering digunakan oleh manusia sebagai penyembuh luka. Hal yang sama berlaku untuk tanaman cabe yang misalnya mengalami “luka”. Misalnya cabang yang patah, rusak digigit hama atau hal lainnya.

Kunyit bisa diparut dan dilarutkan dengan air lalu disiramkan pada tanaman. Atau juga disiramkan di sekitar batang tanaman agar bisa diserap oleh akarnya.

4. Sebagai Penangkal Hama

Kunyit memang dikenal memiliki bau khas yang seringkali digunakan untuk menyamarkan bau saat memasak daging. Bau khas ini juga dapat dimanfaatkan sebagai “repellent” atau penangkal bagi hama dan binatang lainnya.

Kunyit bisa diparut dan dicampurkan air kemudian disiramkan di sekitar tanaman cabe agar tidak ada binatang yang datang mengganggu. Karena hewan pengganggu biasanya tidak tahan dengan bau menyengat dari kunyit.

5. Sebagai Penangkal Penyakit Antraknosa

Manfaat kunyit untuk tanaman cabe lainnya adalah mencegah penyakit antraknosa yang dianggap paling berbahaya bagi tanaman cabe. Karena bisa menyebabkan buah cabe membusuk, bahkan sebelum panen. Biasanya terlihat ada bintik hitam pada buah cabe.

Penyakit ini biasanya terjadi pada daerah dengan kelembaban tinggi saat kadar hujan sedang tinggi. Antraknosa ini menyerang buah yang justru hampir matang. Dengan menyiramkan ekstrak kunyit, penyakit ini bisa dihindari. Parutan rimpang kunyit dicampurkan air kemudian disiramkan pada tanaman.

Manfaat kunyit untuk tanaman cabe memang cukup beragam tapi sangat berkhasiat untuk kesehatan pertumbuhan tanaman cabe. Sehingga bisa tumbuh subur dan menghasilkan banyak buah yang sehat. Cara pengolahannya juga tidak sulit dan bisa dimanfaatkan dalam skala kecil untuk di rumah atau skala besar di kebun.

1 thought on “5 Manfaat Kunyit Untuk Tanaman Cabe Agar Berbuah Banyak”

Leave a Comment