Terkini

Produksi MacBook & iPad Apple Telah Bergeser Ke Indonesia

Setiap kali pembicaraan tentang perang dagang antara AS dan Cina meningkat, industri smartphone selalu mulai bertanya-tanya tentang masa depan Apple. Kerumitan rantai pasokan teknologi raksasa Cupertino bergantung pada China dan tarif atas barang yang dijual di negara Indonesia dan yang berasal darinya berpotensi menaikkan harga bagi pengguna Apple. Sekarang, seolah-olah tampaknya satu pemasok Apple tertentu sudah cukup memiliki ketidakpastian seputar perang dagang dan telah memutuskan untuk memindahkan produksi keluar dari Cina.

Pemasok Apple Pegatron Akan Mulai Memproduksi MacBook dan iPad di Indonesia Mulai Bulan Depan

Menurut laporan dari surat kabar lokal Indonesia, pemasok Apple Pegatron akan memulai produksi massal MacBook dan iPad di negara itu mulai awal bulan. Apple memiliki tiga mitra manufaktur utama di Cina. Mereka adalah Foxconn, Pegatron, dan Wistron – dengan Foxconn menjadi yang terbesar.

produksi MacBook dan iPad Apple

Pegatron akan beroperasi di Indonesia melalui PT Sat Nusapersada, produsen lokal. Laporan tersebut menunjukkan bahwa sementara CEO Nusapersada tidak merinci produk mana yang akan diproduksi oleh perusahaannya di negara Indonesia. Dia mengkonfirmasi bahwa produk tersebut akan menuju ke Amerika Serikat.

Pegatron telah menginvestasikan $300 juta untuk perbaikan dua fasilitas manufaktur di Indonesia jadi Anda harus menerima berita ini. Perpindahan dari partner manufaktur Apple akan mengakibatkan hilangnya pekerjaan bagi pekerja Tiongkok, yang tampaknya telah menjadi salah satu target pertama perang dagang antara AS dan negara mereka. Perkembangan ini tidak mungkin cocok dengan pemerintah Cina karena membawa potensi bagi manufaktur kontrak lain untuk mengikuti langkah-langkah Pegatron.

Pemasok Apple lainnya, Foxconn, baru-baru ini memindahkan sebagian produksi iPhone-nya di India. Namun, tidak pasti apakah negara Asia Selatan memiliki tenaga kerja terampil yang diperlukan untuk memproduksi dan merakit model iPhone andalan Apple. Laporan telah menyarankan bahwa iPhone X ke atas akan diproduksi di India tetapi belum ada konfirmasi dari Foxconn.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close