10 Tanaman Obat dan Manfaatnya Bagi Tubuh yang Perlu Dikenali

10 Tanaman Obat dan Manfaatnya Bagi Tubuh yang Perlu Dikenali – Di Indonesia, menyimpan banyak kekayaan alam salah satunya dari berbagai tanaman dengan segudang manfaatnya. Apalagi sekarang ada 10 tanaman obat dan manfaatnya, yang dapat membantu meringankan berbagai penyakit. 

Beberapa tanaman, biasanya dapat dikonsumsi dengan cara menyeduh langsung menggunakan air panas. Jika dikonsumsi secara rutin, manfaat-manfaat berikut dapat diperoleh. Ini dia beberapa jenis tanaman obat yang bisa dikonsumsi beserta khasiatnya:

1. Jahe

Jahe merupakan jenis tanaman rimpang yang sudah terkenal sebagai obat herbal. Perlu diketahui bahwa ahe mengandung banyak senyawa yang dapat membantu mengatasi berbagai penyakit. 

Jahe memiliki sifat anti-oksidatif dan anti-inflamasi yang mampu mengendalikan proses penuaan. Jahe juga dapat mengatasi pilek, mual, migrain, hingga tekanan darah tinggi. Jika dikonsumsi secara rutin, jahe bisa menurunkan glukosa juga kolesterol dalam darah. 

Jika mengalami nyeri haid, mengkonsumsi jahe secara rutin juga dapat mengurangi rasa sakitnya. Senyawa aktif gingerol pada jahe yang membuat rasanya pedas dan hangat, banyak dikonsumsi agar tubuh menjadi hangat.

2. Kunyit

10 tanaman obat dan manfaatnya bagi tubuh selanjutnya adalah kunyit. Tanaman ini, memang banyak digunakan di berbagai masakan Indonesia. Ternyata tanaman ini juga punya segudang manfaat bagi tubuh. 

Kunyit mengandung zat kurkumin yang mempunyai sifat anti-inflamasi dan anti-oksidatif cukup kuat. Kedua sifat ini, dapat menjaga sistem pencernaan orang yang mengkonsumsinya. 

Kunyit juga dapat menurunkan kadar glukosa dan kolesterol dalam darah, hingga mengurangi resiko penyakit jantung. Kurkumin kunyit juga bisa membantu meringankan gejala sesak nafas, GERD, dan masih banyak penyakit lainnya. 

3. Kencur

Tanaman kencur banyak ditanam di pekarangan rumah juga memiliki segudang manfaat bagi tubuh. Rimpang kencur memiliki sifat antioksidan, kalium, juga senyawa yang bersifat diuretik. Kandungan ini dapat membantu menurunkan tekanan darah dan membuatnya tetap stabil. 

Kencur juga bisa meringankan kecemasan dan juga stress. Tanaman herbal ini juga dimanfaatkan untuk mengobati flu, melancarkan haid, hingga penambah nafsu makan. 

4. Lengkuas

Lengkuas yang banyak digunakan sebagai bumbu masakan ini menyimpan banyak manfaat. Perlu diketahui bahwa lengkuas kaya nutrisi diantaranya zat besi, vitamin A & C, juga serat. Kombinasi lengkuas dan jahe banyak digunakan untuk meredakan nyeri sendi.

Mengkonsumsi lengkuas secara rutin bagi pria dapat meningkatkan kualitas sperma. Senyawa galangin yang terkandung pada lengkuas berpotensi menghambat pertumbuhan bakteri, dan mampu membunuh virus dengan kandungan antimikrobanya. 

5. Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya juga termasuk ke dalam 10 tanaman obat dan manfaatnya yang banyak ditanam di depan rumah. Tanaman ini, banyak dimanfaatkan untuk kecantikan dengan mengoleskan langsung ke kulit atau rambut. 

Perlu diketahui bahwa tanaman ini juga punya segudang manfaat jika dikonsumsi secara langsung. Adapun manfaatnya yaitu membantu proses penyembuhan luka, meningkatkan kesehatan organ pencernaan, dan membantu mengobati jerawat. 

Lidah buaya sangat aman untuk kulit. Apalagi jika digunakan untuk membantu menyembuhkan luka ringan pada kulit. Lidah buaya ini juga dapat dikonsumsi tapi bersiaplah jika ada tanda alergi yang muncul selama mengkonsumsinya. 

6. Daun Kemangi

10 tanaman obat dan manfaatnya selanjutnya adalah daun kemangi. Daun ini memang banyak digunakan sebagai lalapan dengan rasa juga bau wangi yang khas. Daun ini memiliki beragam manfaat untuk kesehatan dan mengandung banyak vitamin maupun mineral. 

Beberapa benefit yang diberikan oleh daun kemangi diantaranya membuat pencernaan lebih lancar, mengatasi peradangan, dan melawan Radikal bebas. Daun kemangi dipercaya juga dapat digunakan untuk mencegah pertumbuhan sel kanker. 

7. Daun Sirih

Tentu telah diketahui bahwa daun sirih merupakan tanaman yang merambat dan banyak ditemukan di kebun atau pekarangan warga. Sudah sejak lama daun sirih dikunyah untuk menghilangkan bau mulut. 

Manfaat lain daun sirih yaitu dapat mengatasi keputihan yang sering dirasakan oleh wanita. Daun sirih juga dapat mencegah infeksi dan juga menyembuhkan luka. Jika dikonsumsi, air rebusan daun sirih dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan masih banyak lainnya. 

8. Kumis Kucing

Tanaman bernama unik ini juga menyimpan banyak khasiat jika dikonsumsi. Banyak orang yang mengkonsumsi daun kumis kucing dengan diseduh seperti meminum teh dan menambahkan madu. 

Daun kumis kucing memiliki banyak manfaat seperti menstabilkan tekanan darah, sebagai obat rematik, mencegah infeksi saluran kemih, hingga mengatasi keputihan pada wanita. Tanaman ini juga berkhasiat untuk detoks tubuh, dengan mencampurkan tanaman herbal lainnya. 

9. Jeruk Nipis

Jeruk nipis ternyata juga menyimpan banyak manfaat bagi tubuh. Seperti yang sudah diketahui, jeruk nipis ini mengandung antioksidan dan vitamin C yang bermanfaat bagi tubuh. 

Jeruk nipis juga memiliki kandungan yang bermanfaat untuk menghilangkan sumbatan vital energi, mengobati batuk, melancarkan pencernaan, hingga meningkatkan kekebalan tubuh. Minum air jeruk nipis dapat membantu meremajakan kulit dan membuatnya tetap terhidrasi.

Tapi jangan langsung mengoleskan air jeruk nipis ke kulit. Sebaiknya dicampurkan terlebih dahulu dengan air baru dioleskan ke kulit. 

10. Daun Mint

Selama ini daun mint kerap digunakan sebagai penambah rasa. Daun ini banyak dicampurkan ke makanan maupun minuman karena memiliki rasa yang khas. Ternyata, daun mint juga banyak dikonsumsi karena membawa segudang benefit bagi tubuh. 

Kandungan antiseptik pada minyak mint dapat membantu mengatasi gangguan pencernaan. Selain itu daun mint juga dapat meredakan iritasi usus besar.

Tanaman ini juga dapat menurunkan berat badan, karena membantu melancarkan metabolisme tubuh. Aroma dari daun mint, dipercaya dapat meningkatkan fungsi otak dan masih ada banyak manfaat lainnya. 

Itulah 10 tanaman obat dan manfaatnya yang dapat diperoleh semua orang. Konsumsilah secara rutin agar mendapatkan khasiat secara maksimal. Gabungkan dengan tanaman herbal lain untuk mendapatkan manfaat yang jauh lebih banyak. 

Leave a Comment