5 Perbedaan All In One PC dan Desktop PC

5 Perbedaan All In One PC dan Desktop PC – Dalam beberapa hal All In One PC dan Desktop PC memiliki perbedaan yang sangat signifikan.

Pada artikel kali ini kita akan membahas perbedaan dari kedua jenis komputer yakni All In One PC dan Desktop PC.

Sebetulnya untuk kedua komputer ini memiliki fungsi dan juga komponen yang sama, hanya berbeda dari segi pemasangan dan juga design. Komputer pada umumnya untuk monitor dan juga CPU pasti terpisah, namun pada all in one PC semuanya menjadi satu dengan layar monitor.

Untuk lebih jelasnya mari kita bahas terlebih dulu tentang pengertian All In One PC dan Desktop PC agar nanti sebelum masuk ke perbedaannya Anda tidak kebingungan.

Pengertian ALL in One PC

All in One PC adalah sebuah komputer yang mana antara CPU dan juga monitor menjadi satu. Jadi di sini tidak ada pemisahan perangkat baik itu speaker, kamera maupun USB port. Semua perangkat menempel menjadi satu di monitor.

5 Perbedaan All In One PC dan Desktop PC
src : store.hp.com

Jika menggunakan all in one pc maka yang ada di meja Anda adalah monitor, mouse, keyboard, kita tidak memerlukan perangkat CPU, karena CPU sudah masuk di dalam monitor.

Pengertian Dekstop PC

Desktop PC sangat berbeda dengan All in one PC, kita masih memerlukan perangkat sepertu CPU, monitor, speaker secara terpisah. Biasanya kita juga harus merakit dekstop PC nya terlebih dahulu sebelum siap di gunakan.

Desktop PC mungkin sangat kami rekomendasikan bagi Anda yang suka merakit PC dan memasang komponen-komponennya sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan.

Selengkapnya tentang Desktop PC dapat Anda bisa baca di sini:

APA ITU DESKTOP PC ? DEFINISI DAN PENJELASAN

5 Perbedaan All In One PC dan Desktop PC

Setelah kita mengenal masing-masing pengertian All In One PC dan Desktop PC, berikutnya mari kita bahas perbedaan dari masing-masing jenis komputer ini. Disini kami menemukan beberapa perbedaan dari referensi dan pengalaman menggunakan All in One PC dan Desktop PC.

1. Design

Desain All In One PC lebih kompak dan elegant karena semua komponen berada di dalam casing yang berfungsi sebagai monitor.

Sedangkan untuk PC desktop biasa memerlukan komponen terpisah seperti mouse, keyboard, dan monitor, semuanya dihubungkan melalui kabel dengan casing CPU, yang membuatnya terlihat sangat rumit dan berantakan.

2. Performa

Prosesor, drive, dan memori, berada di dalam casing, meskipun membuatnya terlihat elegan dan rapih. Namun ini sebenarnya mengurangi kinerja dari komputer All In One PC.

Berbeda dengan Desktop PC yang memudahkan kita untuk manajemen dan juga meningkatkan hardware jika di rasa kurang. Mungkin untuk kebutuhan yang berat kami lebih menyarankan Anda menggunakan Desktop PC.

3. Penyimpanan

Sistem komputer desktop akan memungkinkan Anda untuk memiliki penyimpanan yang lebih besar karena kita bisa menyesuaikan berapa penyimpanan yang akan di pasang pada Desktop PC.

4. Masa Pakai

Jika ada perbedaan pada kinerja AIO (All in One PC) dan desktop, juga akan mempengaruhi perbedaan dalam masa pakainya. Masa pakai AIO akan lebih pendek karena panas yang dapat mematikan komponen internal dan desain yang ringkas tidak memungkinkan penggantian komponen yang rusak di dalamnya dengan mudah.

Sedangkan untuk komputer desktop, masa pakainya akan lebih lama karena desainnya memungkinkan Maintenance yang jauh lebih mudah.

5. Harga

Dari segi biaya All in One PC akan lebih mahal dari komputer desktop. Ini dikarenakan teknologi canggih dan fitur sistem.

Label harga komputer desktop akan jauh lebih murah, namun itu tidak membuat kinerjanya lebih rendah dibandingkan dengan komputer All in One PC.

Manakah Yang Lebih Baik All In One PC atau Desktop PC?

Ukuran layar yang lebih besar pada All in One PC membuat sebagian besar pengguna memilihnya, terutama oleh mereka yang menggunakannya untuk desain grafis dan editing video.

Ukuran layar sebagian besar All in One PC biasanya berkisar antara 21 dan 27 inci. Ini akan memiliki fitur tampilan Full HD.

Ditambah dengan software yang mendukung para desainer, All in One PC ini adalah pilihan pertama untuk desainer grafis dan video.

Tapi jika Anda seorang gamer dan harus memiliki spesifikasi komputer yang sangat tinggi maka kami lebih merekomendasikan Anda menggunakan Dekstop PC.

Kesimpulan

Itulah tadi pembahasan singkat tentang 5 Perbedaan All In One PC dan Desktop PC serta manakah yang terbaik.

Sekian pembahasan dari kami, jika ada pertanyaan bisa di sampaikan di kolom komentar yah 🙂

Leave a Comment