Headphone Kabel vs Nirkabel: Mana yang Lebih Baik?

Headphone Kabel vs Nirkabel : Mana yang Lebih Baik? – Perdebatan headphone kabel dan Nirkabel telah berlangsung cukup lama. Memilih headphone yang tepat bisa menjadi tantangan.

Menggunakan Headphone yang menggunakan teknologi Nirkabel mungkin terlihat keren, karena kita tidak di susahkan dengan adanya kabel panjang yang mengganggu saat menggunakan Headphone.

Namun biasanya headphone Nirkabel tidak cukup bagus jika di gunakan untuk gaming, ini dikarenakan suara dan tingkat latensi yang kurang bagus.

Namun pada artikel kali ini kami akan menyimpulkan beberapa perbedaan antara Headphone Nirkabel dan kabel, agar Anda tidak salah membeli.

Pada artikel kali ini kami akan menjelaskan tentang kelebihan dan kekurangan pada headphone Nirkabel dan kabel terlebih dahulu, kemudian nanti akan terdapat kesimpulan di akhir artikel.

Kelebihan dan kekurangan Menggunakan Headphone Berkabel

Headphone berkabel bekerja dengan cara yang sama seperti speaker besar. Pada dasarnya, headphone adalah speaker mini yang ditujukan untuk mendengarkan secara pribadi.

Mereka menggunakan jack dan colokan headphone untuk mengirimkan suara dari perangkat ke headphone.

Ada beberapa jenis colokan yang sering di gunakan, yakni diantaranya 3.5mm, TRS, TRRS, TRRRS, dan USB.

Berdasarkan sebuah studi tahun 2016 menunjukkan bahwa headphone berkabel memiliki 83% penjualan unit sementara headphone nirkabel hanya 17%.

Ada banyak alasan mengapa orang masih lebih memilih headphone berkabel yang bagus. Di bawah ini adalah beberapa di antaranya.

1. Kualitas Suara

Teknologi headphone nirkabel telah meningkat secara signifikan selama bertahun-tahun. Tapi tidak ada yang mengalahkan kualitas audio headphone berkabel.

2. Biaya Lebih Murah dan Mudah Diperbaiki

Headphone berkabel harganya relatif lebih murah daripada yang nirkabel (Menggunakan Bluetooth). Ini karena teknologi nirkabel lebih mahal untuk dikembangkan dan diproduksi. Selain itu, headphone berkabel lebih mudah diperbaiki.

Baik itu kabel headphone yang compang-camping atau kabel yang rusak/korsleting, ada solusi mudah untuk itu. Plus, suku cadang pengganti untuk headphone berkabel juga terjangkau.

3. Waktu Penggunaan Tidak Terbatas

Kebanyakan headphone berkabel standar berisi speaker pasif yang menghasilkan sinyal audio level-line. Headphone ini biasanya tidak membutuhkan sumber daya eksternal. Sinyal audio itu sendiri menghasilkan daya yang cukup untuk mengoperasikan headphone. Jadi, tidak perlu pengisi daya atau baterai.

Namun di balik kelebihan tetap ada kekurangan ketika menggunakan Headphone berkabel, yakni diantaranya:

1. Dapat Membatasi Gerakan

Tidak dapat disangkal bahwa kabel dapat membatasi rentang gerak pengguna. Pengguna terikat untuk membatasi pergerakan mereka sehingga mereka tidak akan secara tidak sengaja menarik kabel.

2. Kabel Bisa Rapuh

Kabel headphone seringkali tipis dan rapuh. Menariknya secara sengaja atau tidak sengaja dapat merusak kabel internal dan bahkan menyebabkan korsleting. Ini bisa merepotkan, terutama jika headphone sudah mulai rusak.

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Headphone Nirkabel

Headphone Kabel vs Nirkabel : Mana yang Lebih Baik?

Headphone nirkabel menggunakan teknologi transmisi radio untuk mentransfer data audio dari sumber ke telinga Anda. Transmisi data audio di headphone biasanya dilakukan melalui tiga teknologi:

  1. Bluetooth,
  2. Radio Frequency (RF)
  3. Infrared Frequency (IF)

Dalam transmisi Bluetooth, perangkat audio menjadikan data audio ke dalam bentuk terkompresi. Data ini kemudian dikirim ke headphone melalui gelombang radio. Kemudian, perangkat headphone menerjemahkan ini dan mengubahnya menjadi sinyal audio menggunakan codec Bluetooth.

Berikut ini adalah keuntungan Anda menggunakan Headphone Bluetooth:

1. Anda Bisa Bebas Bergerak

Headphone nirkabel dapat membuat Anda bebas bergerak tanpa harus khawatir akan mencabut kabelnya secara tidak sengaja. Ini juga dapat mengatasi ketidaknyamanan karena harus selalu membawa sumber audio. Beberapa headphone nirkabel bahkan menawarkan jarak hingga 100 kaki dari sumber audio .

2. Kompatibel dengan Perangkat yang Lebih Modern

Dengan evolusi teknologi, semakin banyak smartphone dan perangkat audio yang membuang jack 3,5 mm. Dengan jack 3,5 mm yang menghalangi, Bluetooth menjadi standar baru dalam transmisi audio.

3. Lebih Portabel

Karena headphone nirkabel tidak memiliki kabel dan komponen tambahan, mereka lebih portabel dan lebih ringan. Desain kompak headphone nirkabel menjadikannya pilihan yang bagus untuk orang-orang yang aktif. Bobot yang lebih ringan juga biasanya memengaruhi kenyamanan karena headphone yang lebih ringan biasanya mengurangi tekanan pada kepala pengguna.

Dan berikut adalah kekurangan dari Headphone Bluetooth:

1. Membutuhkan Charging

Headphone nirkabel membutuhkan pengisian daya yang konstan. Ini bisa merepotkan terutama saat bepergian dalam waktu lama. Selain itu, headphone nirkabel tidak hanya menghabiskan baterainya sendiri, tetapi juga menguras baterai perangkat audio.

2. Lebih Mahal

Pembuatan dan pengembangan teknologi nirkabel bukanlah hal yang mudah. Dibutuhkan banyak penelitian dan pengujian untuk mendapatkan bentuknya yang paling ideal. Tidak heran headphone nirkabel biasanya lebih mahal daripada headphone kabel. Selain itu, jika Anda menggunakan headphone Bluetooth untuk perangkat yang tidak kompatibel, seperti Nintendo Switch, Xbox One, atau TV, Anda perlu membeli pemancar audio Bluetooth secara terpisah.

Bagi Anda yang akan memilih headphone nirkabel, maka Anda bisa membaca artikel berikut sebelum membelinya

3 Tips Memilih Headset bluetooth Agar Tidak Salah beli

Headphone Kabel vs Nirkabel: Mana yang Lebih Baik?

Tidak ada jawaban yang pasti untuk ini. Pilihan ideal masih sangat bergantung pada gaya hidup Anda dan aktivitas yang kemungkinan besar akan Anda gunakan untuk headphone.

Bagi Anda yang memiliki gaya hidup sebagai mahasiswa aktif dan sering mengikuti perkuliahan yang cukup panjang maka pemilihan Headphone berkabel adalah pilihan yang cukup bagus.

Namun bagi Anda yang memiliki gaya hidup penggunaan headphone yang tidak terlalu panjang dan tidak suka sesuatu yang ribet maka pemilihan headphone bluetooth adalah pilihan yang tepat.

Penutup

Pemilihan headphone sangat bergantung pada bagaimana aktivas yang akan Anda lakukan pada saat penggunaan headphone tersebut. Jadi sebelum membeli pastikan aktivas Anda sesuai dengan headphone yang akan Anda beli.

Demikian pembahasan terkait Headphone Kabel vs Nirkabel : Mana yang Lebih Baik? , Semoga bisa bermanfaat 🙂

Leave a Comment