Pengertian dan Cara Menjadi Startup Unicorn

Pengertian dan Cara Menjadi Startup Unicorn – Kita sering berbicara tentang unicorn seperti Uber, Airbnb, Snapchat & Pinterest tetapi sedikit yang kita ketahui tentang apa sebenarnya arti unicorn, dan kenapa beberapa startup diberi gelar ini? Apa kriteria untuk mendapatkan gelar ini? atau pernahkah Anda bertanya-tanya, bagaimana cara menjadi unicorn?

Pertanyaan di atas sering ditanyakan baik itu untuk perusahaan maupun kebanyakan orang yang sedang membangun mimpi untuk menjadi startup besar.

Pengertian dan Cara Menjadi Startup Unicorn

Pada artikel kali ini kami akan membahas secara lengkap terkait pengertian dan cara menjadi Unicorn Startup.

Pengertian Startup Unicorn

Dalam industri modal ventura, istilah unicorn mengacu pada setiap startup yang mencapai valuasi $ 1 miliar.

Istilah ini pertama kali diciptakan oleh Aileen Lee, pendiri usaha Cowboy ketika dia menyebut 39 perusahaan rintisan yang memiliki penilaian lebih dari $ 1 miliar sebagai unicorn. Istilah awalnya digunakan untuk memberi penekanan pada kelangkaan startup semacam itu. Definisi startup unicorn tetap tidak berubah sejak saat itu. Namun, jumlah unicorn telah meningkat.

Sifat Startup Unicorn

Menjadi unicorn bukanlah langkah yang mudah dan setiap unicorn saat ini memiliki ceritanya sendiri dengan daftar sifat yang sesuai untuk mereka. Kami telah membuat daftar istilah yang biasa terdapat di unicorn:

  • Disruptive innovation: Sebagian besar, semua unicorn telah membawa gangguan di bidang tempat mereka berada. Uber, misalnya, mengubah cara orang bepergian. Airbnb mengubah cara orang merencanakan masa tinggal mereka saat bepergian dan Snapchat mengganggu penggunaan jaringan media sosial, dll.
  • The ‘firsts’: Terlihat bahwa unicorn kebanyakan adalah pemula dalam industri mereka. Mereka mengubah cara orang melakukan sesuatu dan secara bertahap menciptakan kebutuhan untuk diri mereka sendiri. Mereka juga terlihat terus berinovasi agar tetap berada di depan pesaing yang mungkin akan berkembang pesat.
  • High on tech: Tren umum lainnya di seluruh unicorn adalah model bisnis mereka berjalan pada teknologi. Uber membuat modelnya diterima dengan membuat aplikasi yang ramah. Airbnb membuat dunia tampak lebih kecil dengan memanfaatkan yang terbaik dari world wide web.

Sebuah laporan terbaru menunjukkan bahwa 87% dari produk unicorn adalah perangkat lunak, 7% adalah perangkat keras dan sisanya 6% adalah produk & layanan lainnya.

  • Consumer-focused: 62% dari unicorn adalah perusahaan B2C. Tujuan mereka adalah untuk menyederhanakan dan mempermudah konsumen dan menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari mereka. Menjaga harga tetap terjangkau adalah sorotan utama lainnya dari startup ini. Spotify, misalnya, mempermudah dunia mendengarkan musik.
  • Privately owned: Sebagian besar unicorn adalah milik pribadi yang membuat valuasinya lebih besar ketika perusahaan mapan berinvestasi di dalamnya.

Menurut CB Insights, ada 361 perusahaan swasta di seluruh dunia dengan nilai lebih dari $ 1 miliar. India memiliki 16 perusahaan ini, mengambil 4 persen dari keseluruhan saham. Selain itu, India hanya sedikit di bawah Inggris, yang memiliki 19 unicorn dengan pangsa keseluruhan 5 persen.

Bisakah Sebuah Startup Menjadi Unicorn?

Jawabannya bisa. Unicorn adalah istilah yang diberikan hanya untuk ‘startup’ yang memiliki valuasi lebih dari satu miliar. Startup yang melebihi penilaian $ 10 miliar dikelompokkan di bawah istilah yang disebut decacorn (unicorn super). Dropbox, SpaceX dan WeWork adalah beberapa contoh decacorn.

Untuk perusahaan rintisan yang berbasis di Kanada, ada istilah eksklusif untuk apa yang kami sebut unicorn. Itu adalah ‘narwhal’. Ini berarti bahwa setiap perusahaan startup Kanada dengan valuasi lebih dari $ 1 miliar disebut Narwhal. Hootsuite dan Wattpad adalah dua contoh perusahaan Narwhal.

10 Startup Terbesar di Indonesia

Pengertian dan cara Menjadi Startup Unicorn
src : harianinhuaonline.com

Berikutnya akan kami sampaikan beberapa startup yang sekarang masih merajai di Indonesia, yakni di antaranya:

  1. Tokopedia
  2. Bukalapak
  3. Bhinneka
  4. Sociolla
  5. Otten Coffee
  6. Hijup
  7. Qlapa
  8. Gojek
  9. Traveloka
  10. Tiket.com

Kesimpulan

Starup adalah perusahaan besar dimana mereka telah menghasilkan valuasi $ 1 miliar. perusahaan yang telah meraih angka tersebut maka baru bisa di sebut startup.

Demikian pembahasan terkait pengertian dan cara menjadi Startup Unicorn, semoga bisa bermanfaat 🙂

Leave a Comment