Pengertian Firewall dan Jenis-jenisnya

Pengertian Firewall dan Jenis-jenis nya – Di masa teknologi sekarang ini keamanan dalam sebuah sistem adalah hal yang sangat penting. Keamanan dalam segi jaringan dan sistem biasanya disebut FIrewall.

Pada artikel kali ini kami akan membahas terkait pengertian firewall dan Jenis-jenis nya

Pengertian Firewall dan Jenis-jenisnya

Firewall sendiri memiliki arti dan jenis yang berbeda tergantung dimana anda meletakan sistem firewall sendiri. Berikut akan kami jelaskan Pengertian firewall secara Global dan jenis-jenis nya

Pengertian Firewall

Firewall adalah perangkat perimeter keamanan jaringan yang memeriksa traffic yang masuk dan keluar jaringan. Bergantung pada aturan keamanan yang ditetapkan khusus untuknya, firewall mengizinkan traffic yang aman atau menolak traffic yang dianggap berbahaya.

Tujuan utama firewall adalah untuk membangun penghalang atau “dinding” yang memisahkan jaringan internal dari traffic eksternal yang masuk (seperti internet) untuk tujuan memblokir paket jaringan berbahaya seperti malware dan hacking.

Pengertian Firewall dan Jenis-jenis nya

Jenis firewall dan opsi pengembangannya

Pertama, firewall diklasifikasikan berdasarkan apa mereka dan di mana mereka berada. Misalnya, firewall dapat berupa perangkat keras atau perangkat lunak, berbasis cloud atau lokal.

Firewall perangkat lunak berada di titik akhir (seperti komputer atau perangkat seluler) dan mengatur traffic langsung dari perangkat itu. Firewall perangkat keras adalah peralatan fisik yang berada di antara gateway dan jaringan Anda. Firewall berbasis cloud, juga dikenal sebagai Firewall-as-a-service (FaaS), yang bertindak seperti security pada sebuah gedung.

Berikut ini adalah perbedaan paling umum antara jenis firewall yang diklasifikasikan berdasarkan fungsionalitas.

Jenis firewall yang paling umum berdasarkan metode operasi adalah:

  • Packet-filtering firewalls
  • Proxy firewalls
  • NAT firewalls
  • Web application firewalls
  • Next-gen firewalls (NGFW)

Packet-filtering firewalls

Packet-filtering firewalls, jenis firewall paling dasar, memeriksa paket dan mencegahnya berpindah jika aturan keamanan spesifik tidak terpenuhi. Fungsi firewall ini adalah untuk melakukan pemeriksaan sederhana terhadap semua paket data yang datang dari router jaringan dan memeriksa secara spesifik seperti alamat IP sumber dan tujuan, nomor port, protokol, dan data lain nya.

Proxy firewalls

Proxy firewalls, juga dikenal sebagai firewall tingkat aplikasi, memfilter traffic jaringan pada lapisan aplikasi model jaringan OSI. Sebagai perantara antara dua sistem, firewall proxy memantau taffic di lapisan aplikasi (protokol pada lapisan ini termasuk HTTP dan FTP). Untuk mendeteksi traffic berbahaya, inspeksi paket stateful dan lain nya.

NAT firewalls

Network address translation (NAT) bekerja dengan menetapkan alamat publik ke sekelompok perangkat di dalam jaringan pribadi. Dengan NAT, alamat IP individual disembunyikan. Oleh karena itu, penyerang yang memindai alamat IP di jaringan dicegah untuk menemukan detail spesifik dari jaringan tersebut.

Web application firewalls

Web application firewalls (WAF) bertanggung jawab untuk menyaring, memantau, dan memblokir paket data saat mereka masuk dan keluar dari situs web atau aplikasi web. WAF dapat berada di jaringan, di host atau di cloud dan biasanya ditempatkan di depan satu atau banyak situs web atau aplikasi. WAF tersedia sebagai plugin server, layanan cloud, atau tool jaringan.

NGFW firewalls

Saat lanskap ancaman meningkat, firewall generasi berikutnya (NGFW) adalah jenis firewall paling populer yang tersedia saat ini.

Berkat peningkatan besar dalam ruang penyimpanan, memori, dan kecepatan pemrosesan, NGFW dibangun di atas fitur firewall tradisional dan menambahkan fungsi keamanan penting lainnya seperti pencegahan intrusi, VPN, anti-malware, dan bahkan inspeksi traffic terenkripsi. Kemampuan NGFW untuk menangani inspeksi paket mendalam berarti bahwa firewall dapat membongkar paket data untuk mencegah paket apa pun dengan data berbahaya bergerak maju.

Kesimpulan

Sampai saat ini firewall akan terus berkembang dan akan semakin maju mengingat di masa sekarang ini perkembangan teknologi tidak ada habisnya.

Demikian pembahasan terkait pengertian firewall dan jenis-jenisnya, semoga bermanfaat 🙂

Leave a Comment