Pengertian Internet of Things dan Bagaimana Cara Kerja nya ?

Pengertian Internet of Things dan Bagaimana Cara Kerjanya ? – Internet of Things (IoT) adalah sistem perangkat komputasi yang saling berhubungan, mesin mekanis dan digital, objek, hewan, atau orang yang dilengkapi dengan pengenal unik dan kemampuan untuk mentransfer data melalui jaringan tanpa memerlukan manusia-ke-manusia tapi menggunakan interaksi ke komputer.

Pengertian Internet of Things dan Bagaimana Cara Kerjanya ?

Teknologi IOT saat ini semakin berkembang secara luas dan terus berkembang. Salah satu teknologi IOT yang sudah banyak di kembangkan sebagai contoh ada pada hotel yang megah. Kita hanya perlu mengucapkan perintah sesuatu untuk melakukan kegiatan pada kamar hotel tersebut.

Pengertian Internet of Things

Kita bisa memhami bahwa internet of things adalah sebuah teknologi komputer dimana kita tidak harus berinteraksi secara langsung dengan alat atau benda yang akan kita gerakan.

Singkatnya, Internet of Things adalah konsep untuk menghubungkan perangkat apapun (asalkan memiliki sakelar on/off) ke internet dan ke perangkat lain yang terhubung.

Cara Kerja Internet of Things

src : Medium.com

Perangkat dan objek dengan sensor bawaan terhubung ke platform Internet of Things, yang mengintegrasikan data dari berbagai perangkat dan menerapkan analitik untuk berbagi informasi paling berharga dengan aplikasi yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan spesifik.

Platform IoT yang kuat ini dapat menunjukkan dengan tepat informasi apa yang berguna dan apa yang dapat diabaikan dengan aman. Informasi ini dapat digunakan untuk mendeteksi pola, membuat rekomendasi, dan mendeteksi kemungkinan masalah sebelum terjadi.

Misalnya, jika Anda memiliki bisnis manufaktur mobil, Anda mungkin ingin mengetahui komponen opsional mana (contoh: jok kulit atau velg) yang paling populer. Dengan menggunakan teknologi Internet of Things, maka Anda dapat:

  • Menggunakan sensor untuk mendeteksi area mana yang paling populer, dan di mana pelanggan berlama-lama.
  • Menganalisis data penjualan yang tersedia untuk mengidentifikasi komponen mana yang paling cepat terjual.
  • Secara otomatis menyelaraskan data penjualan dengan persediaan, sehingga item paling laris tidak kehabisan stok.

Informasi yang diambil oleh perangkat yang terhubung memungkinkan Anda membuat keputusan tentang komponen mana yang akan disimpan.

Penutup

Singkatnya IOT merupakan sebuah teknologi yang memanfaatkan koneksi internet untuk memudahkan kegiatan manusia.

Demikian pembahasan singkat terkait pengertian Internet of Things dan bagaimana cara kerjanya? Semoga bisa bermanfaat.

Leave a Comment