Pengertian Satuan Internet dan Perbedaan MBps,Gbps, Kbps dalam Internet

Pengertian Satuan Internet dan Perbedaan MBps,Gbps, Kbps dalam Internet – Kecepatan data koneksi jaringan biasanya diukur dalam satuan bit per detik, umumnya disingkat bps, bukan b/s. Produsen peralatan jaringan menilai tingkat bandwidth jaringan menggunakan unit standar Kbps, Mbps, dan Gbps.

Pengertian Satuan Internet dan Perbedaan MBps,Gbps, Kbps dalam Internet

Pada artikel kali ini kami akan membahas secara lengkap tentang satuan kecepatan dalam internet, sebelum itu mari kita bahas definisi dari masing-masing Bit.

Definisi MBps,Gbps, Kbps

  • Satu kilobit per detik sama dengan 1.000 bit per detik. Ini terkadang ditulis sebagai kbps, Kb/sec atau Kb/s.
  • Satu megabit per detik sama dengan 1000 Kbps atau satu juta bps. Ini juga dinyatakan sebagai Mbps, Mb/detik, dan Mb/s.
  • Satu gigabit per detik sama dengan 1000 Mbps, satu juta Kbps atau satu miliar bps. Ini juga disingkat sebagai Gbps, Gb/sec, dan Gb/s.
Pengertian satuan internet dan Perbedaan MBps,Gbps, Kbps dalam internet

Perbedaan MBps,Gbps, Kbps

Untuk alasan historis, kecepatan data untuk drive disk dan beberapa peralatan komputer non-jaringan lainnya terkadang ditampilkan dalam byte per detik (Bps dengan huruf besar B) daripada bit per detik (bps dengan huruf kecil ‘b’).

  • satu KBps sama dengan satu kilobyte per detik
  • satu MBps sama dengan satu megabyte per detik
  • satu GBps sama dengan satu gigabyte per detik

Karena satu byte sama dengan delapan bit, mengubah peringkat ini menjadi bentuk huruf kecil ‘b’ yang sesuai dapat dilakukan hanya dengan mengalikan dengan 8:

  • satu KBps sama dengan 8 Kbps
  • satu MBps sama dengan 8 Mbps
  • satu GBps sama dengan 8 Gbps

Untuk menghindari kebingungan antara bit dan byte, profesional jaringan selalu mengacu pada kecepatan koneksi jaringan dalam hal peringkat bps (huruf kecil ‘b’).

Adakah Yang Lebih Besar dari Gbps?

1000 Gbps sama dengan 1 terabit per detik (Tbps). Beberapa teknologi untuk jaringan kecepatan Tbps ada saat ini.

Proyek internet telah mengembangkan koneksi Tbps untuk mendukung jaringan eksperimentalnya, dan beberapa perusahaan industri juga telah membangun testbed dan berhasil mendemonstrasikan Kecepatan Jaringan Tbps.

Cara Menghitung Kecepatan Jaringan

Sangat mudah untuk mengkonversi antara unit-unit ini ketika tahu bahwa ada 8 bit dalam setiap byte dan kilo, Anda dapat melakukan penghitungan sendiri secara manual atau menggunakan salah satu dari sejumlah kalkulator online.

Misalnya, Anda dapat mengonversi Kbps ke Mbps dengan aturan tersebut. Jadi 15.000 Kbps = 15 Mbps karena ada 1.000 kilobit di setiap 1 megabit.

Penutup

Yang paling penting dalam masalah ini Anda harus memahami bahwa hitungan satuan dari kecepatan internet tergantung dari seberapa besar provider internet tersebut memberikan Bandwithnya.

Demikian pembahasan singkat terkait pengertian satuan internet dan perbedaan MBps,Gbps, Kbps dalam internet. Semoga bisa bermanfaat 🙂

Leave a Comment