Perbedaan Internet dan Intranet

Perbedaan internet dan intranet – Hampir semua orang tahu apa itu internet – yakni sebuah jaringan komputer global yang menyediakan fasilitas informasi dan komunikasi namun tidak semua orang mengenal istilah ‘intranet’.

Hal ini menimbulkan kebingungan, dan seringkali diasumsikan bahwa kedua istilah tersebut memiliki arti yang sama. Namun nyatanya, internet dan intranet merupakan dua hal yang berbeda. Namun sebelum kita membuat daftar persamaannya, mari kita uraikan apa perbedaan antara intranet dan internet.

Perbedaan internet dan intranet

4,3 miliar orang di seluruh dunia terhubung ke internet, menggunakannya untuk membantu mereka dalam semua aspek kehidupan, mulai dari terhubung dengan teman hingga mengikuti berita terbaru.

Dan sementara intranet juga membantu Anda untuk terhubung, belajar, dan berkomunikasi, itu dilakukan pada tingkat yang jauh lebih kecil. Seperti internet mini untuk bisnis, di mana mereka dapat menyimpan informasi, berita, dan data yang relevan secara online, tetapi membuatnya hanya dapat diakses oleh mereka yang dipekerjakan oleh organisasi atau perusahaan.

Intranet vs. internet

Perbedaan internet dan intranet
src : interactsoftware.com

Perbedaan utama antara intranet dan internet adalah bahwa yang pertama adalah jaringan tertutup, dan yang kedua adalah jaringan publik. Singkatnya, internet adalah untuk semua; intranet adalah untuk sekelompok orang tertentu.

Internet adalah sistem jaringan komputer yang mendunia. Hal ini memungkinkan akses dan pertukaran informasi komputer lain, memungkinkan berbagai layanan yang mencakup komunikasi, hiburan, dan berita. Informasi dari bulan Juli 2019 menunjukkan bahwa 56% populasi dunia – hampir lima miliar orang – adalah pengguna internet aktif. Dari hiburan hingga keuangan, hingga pembelajaran dan inovasi, internet menopang setiap area kehidupan kita. Dengan Internet of Things, Anda dapat menghangatkan rumah, menyalakan mobil tanpa pengemudi dan menutup pintu. Semua hal ini di bantu dengan bantuan koneksi Wi-Fi.

Intranet di sisi lain, memiliki serangkaian fungsi yang lebih sedikit terutama membantu karyawan dalam suatu bisnis. Meskipun mirip dengan internet karena merupakan jaringan komputer yang berbagi informasi – intranet beroperasi secara ketat dalam jaringan tertutup. Ini bermanfaat bagi organisasi yang ingin mengirimkan dan bertukar informasi perusahaan secara pribadi.

Jadi, intranet adalah versi internet namun terbatas, dan tidak mengizinkan akses ke siapa pun di luar jaringannya. Biasanya untuk jaringannya terdiri dari semua karyawan, senior, mitra, investor, dan pemegang saham. Intranet biasanya menggunakan jaringan khusus lokal, yang membatasi akses. Hanya pengguna yang terhubung langsung ke sistem yang dapat masuk. Meskipun demikian, pekerja jarak jauh dapat memperoleh akses dari rumah, dan karyawan di jalan dapat mengaksesnya melalui perangkat seluler.

Mengapa perusahaan menggunakan intranet?

Sekarang, intranet telah berkembang menjadi pusat bisnis, memungkinkan komunikasi, berbagi pengetahuan, kolaborasi, dan banyak lagi. Bagi kebanyakan bisnis, intranet tidak diragukan lagi merupakan investasi yang signifikan.

Agar dapat berfungsi sebagai bisnis, perlu ada cara untuk menyebarkan berita dan pengetahuan serta menciptakan satu sumber kebenaran. Organisasi, terutama yang lebih besar, memerlukan platform untuk menghubungkan dan menyatukan semua personelnya, dan intranet dapat dibentuk serta dimodifikasi untuk memungkinkan hal ini, baik itu satu blok kantor di kota, atau dengan ratusan lokasi di seluruh dunia.

Kesimpulan

Jadi singkatnya Internet adalah jaringan Internasional yang dapat di akses oleh siapa pun, sedangkan Intranet adalah jaringan yang khusus di buat hanya untuk perusahaan agar jaringan tidak dapat di akses secara bebas.

Demikian pembahasan singkat terkait perbedaan internet dan intranet Semoga bisa bermanfaat 🙂

Leave a Comment