7 Cara Merawat Burung Perkutut dengan Mudah

5 Cara Merawat Burung Perkutut dengan Mudah – Saat ini sudah banyak jenis burung yang dapat dipelihara di rumah salah satunya adalah burung perkutut. Cara merawat burung perkutut juga cukup mudah. Selain itu, makanan burung perkutut juga tidak yang aneh-aneh. Mereka biasanya memakan biji-bijian.

Mungkin bagi pemula merawat burung perkutut akan cukup ribet. Padahal merawat burung perkutut itu mudah dan praktis untuk dilakukan. Untuk lebih jelasnya, berikut cara merawat dan membesarkan burung perkutut di rumah secara mandiri untuk dipahami dan diterapkan:

1. Menjaga Kebersihan Kandang Burung Perkutut

Cara merawat burung perkutut pertama adalah dengan memperhatikan kandangnya. Dengan menjaga kebersihan kandang maka sudah termasuk menjaga kebersihan lingkungan burung tersebut. Lingkungan yang bersih tentunya membuat kenyamanan bagi burung itu sendiri. Kesehatan burung juga akan terjaga.

Tempat tinggal burung yang kotor sudah pasti akan menjadi sarang yang subur bagi bakteri-bakteri juga kuman. Hal tersebut tentunya akan menimbulkan masalah kesehatan bagi burung perkutut itu sendiri. Selain kesehatan, kebersihan kandang juga akan berpengaruh terhadap kicauan.

2. Memandikan Burung Menggunakan Air Anti Bakteri

Burung perkutut merupakan salah satu burung yang sangat peka terhadap kondisi tubuhnya sendiri. Jika tubuhnya sedang tidak segar atau banyak kuman maka burung itu akan memberikan sinyal kepada pemilik. Burung memberikan sinyal tersebut dengan badannya yang lesu atau lemas.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan pemilik yaitu memberikan antibakteri kepada burung perkutut. Dalam memberikan dengan cara menyemprotkan air antibakteri ke tubuh burung. Gunakan air anti bakteri tersebut secukupnya saja dan jangan terlalu sering.

3. Menjemur Burung Perkutut dengan rutin

Cara merawat burung perkutut selanjutnya yakni dengan menjemur dibawah cahaya matahari. Setelah memandikan atau menyemprotkan air anti bakteri, ada baiknya burung tersebut dijemur dibawah sinar atau cahaya matahari secara langsung. Kapan waktu yang tepat untuk menjemur burung?

Menjemur burung perkutut ada baiknya dijemur sekitar pukul 7 pagi hingga pukul 10. Pada rentang pukul tersebut sinar matahari belum terlalu panas dan banyak vitamin yang terkandung di dalamnya. Jangan terlalu lama dalam menjemur burung tersebut karena bisa berpengaruh pada kesehatannya.

4. Memilih Pakan yang Tepat

Banyak hal yang membuat burung perkutut tidak mau mengeluarkan kicauan salah satunya jika kesehatannya terganggu. Dengan demikian pemilik harus rajin-rajin mengecek kondisi kesehatan burung tersebut. Salah satu upaya dalam menjaga kesehatan burung yakni dengan memberikan pakan yang bergizi.

Terdapat banyak sekali pilihan makanan yang dapat diberikan kepada burung perkutut. Burung perkutut sendiri suka makan-makanan, seperti beras merah, jagung, atau biji-bijian yang lain. Cobalah untuk mengkombinasikan biji-bijian tersebut dengan serangga misalnya jangkrik. Jika perlu berikan juga beberapa multivitamin.

5. Melakukan Latihan Berkicau

Cara merawat burung perkutut selanjutnya yakni dengan memberikan latihan dalam berkicau. Melakukan perawatan sebaiknya tidak hanya berupa kesehatan dan kebersihan, tetapi juga dengan memberikan berbagai model latihan untuk kemajuan suara burung.

6. Lakukan pemeriksaan rutin terhadap burung perkutut Anda. Periksa kondisi fisik burung, seperti kelembapan kulit, kondisi bulu, dan kondisi paruh. Jika Anda menemukan tanda-tanda penyakit atau ketidaksehatan, segera bawa burung Anda ke dokter hewan untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

7 . Sediakan burung perkutut dengan mainan untuk bermain. Ini akan membantu burung Anda tetap aktif dan sehat, serta mengurangi risiko stres dan kebosanan. Pilih mainan yang aman dan sesuai dengan ukuran burung Anda.

Jangan khawatir jika tidak bisa memberikan training kicauan kepada burung. Saat ini sudah banyak video-video atau audio kicauan burung yang dapat dipakai untuk melatih kicauan. Putarkan saja audio kicauan burung tersebut dekat burung perkutut. Dengan begitu burung perkutut terangsang untuk mengikutinya.

Itulah cara merawat burung perkutut yang bisa dijadikan referensi bagi pemilik. Banyak hal yang harus dicermati pemilik untuk merawat burung tersebut agar pertumbuhan dan kesehatan tetap terjaga. Berikan perawatan terbaik agar burung menjadi nyaman.

Leave a Comment