Cara Memindai QR Code di Ponsel Android dan Iphone

Cara Memindai QR Code di Ponsel Android dan Iphone – Saat ini, kode QR ada di mana-mana. Qr Code atau yang dalam bahasa Indonesia dikenal sebagai Kode batang modern, memungkinkan Anda untuk membuka halaman web dengan cepat, mengunduh aplikasi, mengirim pesan teks, dan banyak lagi.

Yang harus Anda lakukan adalah memindainya dengan kamera Smartphone Anda untuk mendapatkan akses ke semua informasi bermanfaat ini. Di bawah ini adalah cara memindai QR Code di ponsel Android dan Iphone:

Cara Memindai QR Code di Ponsel Iphone

Untuk memindai kode QR di iPhone, yang harus Anda lakukan adalah membuka aplikasi kamera dan mengarahkan ponsel Anda ke kode QR.

1. Buka Aplikasi Kamera di iPhone

Anda dapat mencari kamera di Menu aplikasi smartphone yang Anda miliki, atau secara otomatis aplikasi kamera akan ada di home screen smartphone Anda.

2. Kemudian arahkan iPhone Anda ke kode QR untuk memindainya.

Pastikan keempat sudut kode QR terlihat. Setelah memindai kode QR dengan benar, pemberitahuan pop-up akan muncul di atas layar Smartphone Anda.

3.Terakhir, ketuk notifikasi pop-up di bagian atas layar.

Setelah mengklik notifikasi pop up maka berikutnya Anda akan di arahkan secara otomatis ke halaman atau aplikasi dari QR code tersebut.

Cara Memindai QR Code di Ponsel Android dan Iphone

Catatan : Jika Anda tidak melihat pemberitahuan yang muncul, pastikan Anda telah mengaktifkan fitur Pindai Kode QR. Anda dapat melakukan ini dengan membuka Settings > Camera dan geser fungsi Scan QR Codes.. sampai berwarna hijau

Cara Memindai QR Code di Ponsel Android

Jika Anda menjalankan versi Android 8 atau yang lebih baru, Anda dapat memindai kode QR dengan menekan lama tombol beranda dan memilih Lens. Kemudian arahkan kamera Anda ke kode QR, klik ikon kaca pembesar, dan klik pemberitahuan pop-up di layar.

1. Tekan dan tahan tombol home.

2. Kemudian Klik LENS

Perintah akan muncul jika Anda baru pertama kali menggunakan fitur ini, cukup pilih Izinkan. Jika Anda tidak memiliki Asisten Google di Android Anda, Anda dapat mendownload aplikasi Google Lens dari Google Play Store.

3. Arahkan kamera ke kode QR.

Sama seperti cara scan di iphone, Pastikan ke-4 sudut QR code terlihat pada kamera

4. Kemudian klik ikon kaca pembesar untuk memindai kode QR.

Anda dapat menemukannya di bagian bawah layar

5. Terakhir, klik notifikasi di pop-up.

Anda kemudian akan diarahkan ke informasi atau tindakan yang di lakukan dalam kode QR. Biasanya membuka halaman web, membuka Google Play Store, menyimpan kontak, dan banyak lagi.

Penutup

Itulah tadi pembahasan singkat terkait cara memindai QR Code di ponsel Android dan Iphone semoga artikel ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan bisa disampaikan di kolom komentar yah 🙂

Leave a Comment