Cara Scan Barcode di Android Tanpa Aplikasi

Cara scan barcode di Android tanpa aplikasi – Barcode adalah sebuah kotak yang berisi kode dengan berbagai isi di dalamnya.

Di masa sekarang barcode memiliki banyak sekali manfaat mulai dari pembayaran, penjualan serta link khusus rata-rata sudah menggunakan barcode.

Hal ini di dukung dengan smartphone yang terus meningkat perkembangannya, saat ini hampir semua smartphone baru bisa di gunakan untuk men-scan barcode tanpa harus mendownload aplikasi pihak ketiga.

Lalu bagaimana caranya?

Di artikel ini akan kami bahas cara scan barcode di Android tanpa aplikasi.

BACA JUGA : Cara Mengaktifkan Dark Mode Instagram di Android dan IOS

Cara Scan Barcode di Android Tanpa Aplikasi

Mungkin Anda tidak mengetahui bahwa sekarang smartphone sudah sangat canggih, bahkan untuk melakukan scan barcode tidak harus menggunakan aplikasi pihak ketiga, berikut beberapa cara scan barcode di Android tanpa aplikasi.

1. Menggunakan Kamera

Kamera Android Anda kemungkinan memiliki kemampuan untuk memindai kode QR tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi kamera dan arahkan ke kode QR, setelah itu akan terdapat Popup Notifikasi yang akan tampil di layar Anda.
  • Jika tidak muncul maka Anda harus mengaktifkan fungsi QR code dengan cara masuk ke Setting Camera > Aktifkan QR code scanning.
Cara Scan Barcode di Android Tanpa Aplikasi

2. Menggunakan Google Lens

Google Lens merupakan fitur di ponsel Pixel tetapi sekarang menjadi standar di banyak smartphone yang menngunakan sistem Android. Google lens adalah bagian dari aplikasi kamera Anda dan dapat melakukan banyak hal mulai dari mengidentifikasi ras anjing hingga menerjemahkan teks. Berikut cara menggunakannya.

  • Buka kamera Anda dan klik More > Google Lens sekarang Anda akan memiliki ikon Lens yang dapat Anda gunakan kapan pun Anda membuka kamera.
  • Anda juga dapat menggunakan Google Assistant untuk mengaktifkan Google Lens. Ucapkan “Ok Google”, lalu ketuk Google Lens di kanan bawah.

3. Menggunakan Fitur Bixby Vision

Menggunakan Asisten virtual Samsung dapat membantu Anda mempelajari lebih lanjut tentang apa pun dengan kode QR.

  • Jalankan aplikasi kamera dan Pilih Bixby Vision Kemudian Pilih allow atau ijinkan.
  • Lakukan Scan dan Klik Go jika sudah muncul Panel notifikasi.

Kesimpulan

Perlu di perhatikan bahwa kamera Google lens dan Bixby Vision hanya tersedia di Android 10 keatas, jadi jika Anda harus melakukan upgrade pada versi android jika ingin menggunakan fitur ini.

Demikian pembahasan cara scan barcode di Android tanpa aplikasi, semoga bermanfaat 🙂

Leave a Comment