Memanfaatkan Kalkulator BMI Online SehatQ untuk Mengetahui Berat Badan Ideal

Mengenal Kalkulator BMI

Siapa sih yang tidak ingin punya berat badan ideal? Memiliki berat badan ideal selain untuk menunjang penampilan, juga bisa menjaga diri kita dari risiko terkena berbagai penyakit. Karenanya, banyak orang berusaha melakukan berbagai cara untuk memiliki berat badan yang ideal, mulai dari olahraga hingga mengatur pola makan sehari-hari. Setelah itu, kita juga bisa dengan rutin melakukan tes kesehatan untuk mengetahui berat badan kita. Salah satu alat ukur yang kerap digunakan untuk menyatakan seseorang memiliki berat badan ideal atau tidak adalah kalkulator BMI (Body Mass Index).

Kalkulator BMI adalah sebuah alat ukur di mana hasilnya berupa nilai yang didapatkan dari perhitungan berat dan tinggi badan seseorang. Dengan IMT, dapat diketahui apakah proporsi tubuh dalam kategori normal atau tidak. Kita bisa melakukan penghitungan ini di berbagai platform. Salah satunya adalah kalkulator BMI online dari SehatQ.

Menghitung Berat Badan Ideal dengan Rumus BMI

Berikut adalah rumus BMI yang bisa kita perhitungkan:

BMI =Berat Badan (kilogram)Height (meter²)

Setelah melakukan perhitungan dengan rumus di atas, selanjutnya kita bisa mencocokkan angka BMI dengan kategori berat badan yang tercantum di bawah ini: 

  • Di bawah 18,5 = Berat badan kurang proporsional
  • Di antara 18,5 – 22,9 = Berat badan normal
  • Di antara 23 – 29,9 = Berat badan berlebih (berpotensi obesitas)
  • Di atas 30 = Obesitas

Cara Menghitung Berat Badan dengan Kalkulator BMI Online di SehatQ

  1. Akses Kalkulator BMI pada platform SehatQ
  2. Jangan lupa untuk melakukan register dan login agar catatan BMI kita bisa tersimpan di SehatQ
  3. Setelah melakukan registrasi dan login, masuk kembali pada menu Kalkulator BMI, lalu pilih gender dan isi angka pada bagian usia, berat badan, dan tinggi badan (isi sesuai dengan keadaan saat ini).
  1. Setelahnya, klik pada tombol hitung dan akan muncul hasil seperti di bawah ini.

Dari hasil perhitungan tersebut kita bisa mengetahui kondisi berat badan masuk dalam kategori kurus, normal, gemuk, atau bahkan obesitas. Setelah mendapatkan hasilnya, kita bisa menyesuaikan kembali pola hidup sehat agar tetap memiliki berat badan ideal.

Manfaat Memiliki Berat Badan Ideal

Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan, apabila memiliki berat badan ideal, di antaranya:

  1. Menurunkan Risiko Diabetes

Diabetes adalah salah satu jenis penyakit kronis yang berlangsung jangka panjang yang ditandai dengan meningkatnya kadar gula darah (glukosa) hingga di atas nilai normal. Dengan memiliki berat badan ideal, kita akan lebih mudah juga untuk menghindarkan diri dari penyakit diabetes ataupun penyakit lainnya.

Penyakit diabetes ini bisa dicegah dengan melakukan deteksi resiko diabetes sedini mungkin. Selain itu kita bisa melakukan pengobatan dan perubahan gaya hidup agar penyakit ini dapat terkontrol dan penderita bisa hidup dengan sehat. Salah satu hal yang paling utama dilakukan oleh penderita diabetes adalah menurunkan gula darah menjadi normal. Namun, langkah ini dilakukan juga harus diiringi dengan peningkatan kualitas hidup

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung merupakan organ vital perlu dijaga agar tetap sehat. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menjaga berat badan agar tetap ideal. Dengan begitu, jantung yang ada di dalam tubuh akan lebih sehat. Seseorang dengan berat badan berlebihan cenderung memiliki penumpukan plak pada arteri. Hal tersebut tentu akan memicu berbagai masalah di jantung.

  1. Meningkatkan Kualitas Tidur

Menurut Kerry J. Stewart, Ed.D., seorang profesor kedokteran di Universitas Johns Hopkins, lemak, khususnya lemak perut dapat mengganggu fungsi paru-paru. Kerja paru menjadi lebih berat karena adanya lemak yang menghalangi. Masalah pernapasan ini juga bisa menyebabkan gangguan tidur (sleep apnea) yang menurunkan kualitas tidur Anda. Karenanya penting sekali untuk memperhatikan berat badan tubuh kita supaya kualitas hidup termasuk kualitas tidur kita tetap terjaga.

Itulah tadi beberapa informasi mengenai kalkulator BMI online dari SehatQ. Ternyata penting sekali bukan untuk mengetahui berat badan ideal? Dari mengetahui berat badan kita bisa terus memperbaiki pola hidup agar tetap sehat dan bisa beraktivitas dengan lebih aktif dan produktif.

Leave a Comment