Kenapa Tanaman Melon Masih Kecil? Inilah 5 Cara Menanamnya Dengan Benar!

Kenapa Tanaman Melon Masih Kecil? Inilah 5 Cara Menanamnya Dengan Benar! – Menanam buah melon membutuhkan banyak kesiapan. Dimulai dari proses pembibitan tanaman, hingga pada perawatan budidayanya. Tanaman melon masih kecil bisa saja terjadi dikarenakan banyak faktor, salah satunya adalah tahapan-tahapan menanamnya yang mungkin ada kesalahan. Petani melon diharuskan teliti dan bersabar.

Melon merupakan jenis tanaman yang menjalar. Agar ukuran tanaman melon yang ditanam tidak kecil, petani harus memahami betul akan langkah-langkahnya sedari proses pembibitan tanaman dan tata cara budidaya melon. Mari simak ulasan berikut:

Tahapan Pembibitan Melon

Sebelum menanam tanaman, tahapan yang dilalui adalah dengan membibitnya terlebih dahulu. Berikut langkah-langkah yang bisa diikuti:

  • Benih melon dibuat menjadi kecambah terlebih dahulu. Cara membuatnya adalah dengan merendam benih di dalam suhu hangat selama kurun waktu delapan jam.
  • Angkat dan sebar benih yang telah direndam dengan menggunakan kain atau koran basah. Biarkan benih yang disebar tersebut selama dua hari hingga terlihat berkecambah. Suhu kelembapan yang terdapat pada koran atau kain tersebut harus dijaga, jangan sampai kering dan harus selalu berair.
  • Persiapkan polybag berukuran kecil. Isi polybag tersebut menggunakan kompos dan juga campuran tanah dengan perbandingan 1:2.
  • Buat lubang yang memiliki kedalaman sekitar dua sentimeter pada polybag tersebut. Kemudian masukkan biji melon secara perlahan ke dalamnya.
  • Tutup polybag menggunakan plastik bening ataupun kain. Hal ini dilakukan agar bibit terlindung dari sinar matahari yang berlebih dan juga dari hujan. Polybag harus tetap lembab, jangan sampai kering dan terlalu basah.
  • Tunggu proses pembibitan selesai hingga dua minggu. Biasanya jika proses pembibitan telah usai, pada polybag akan tumbuh tiga helai daun melon. Setelah proses ini selesai, maka petani bisa langsung mulai menanamnya.

Tata Cara Menanam Melon

Petani tidak perlu risau,jika  ingin menanam melon. Jika tanaman melon masih kecil dan tidak ada perubahan, maka dapat mengikuti tata cara menanamnya dengan benar. Caranya  pun cukup mudah, simak di bawah ini:

1. Siapkan Lahan

Langkah awal yang harus dilakukan adalah dengan menyiapkan lahan penanaman melon. Bajak dan haluskan bongkahan tanah terlebih dahulu, kemudian buat bedengan dengan ukuran lebar, tinggi, dan panjang adalah 1m x 40 cm x 15 m. Jarak bedengan dibuat 50 cm.

Tebarkan pupuk kandang sebanyak 15 ton di setiap hektarnya dengan tambahan 250 kg SP, 375 kg ZA, dan 375 kg Pupuk KCL per hektarnya. Campurkan semua pupuk yang telah disebutkan ke dalam polybag dan tunggu hingga tiga hari.

2. Tutup Bedengan Menggunakan Plastik

Bedengan yang digunakan harus ditutup menggunakan plastik mulsa hitam perak. Pada bagian yang berwarna hitam diharuskan menghadap ke tanah, kemudian warna peraknya keluar. Setelah itu, buat lubang pada mulsa yang berjarak sekitar 50 cm.

3. Buat Lubang Untuk Bibit Melon

Setelah proses persiapan lahan untuk menanam melon telah selesai dilakukan, buatlah lubang untuk bibit melon tersebut. Masukkan bibit pada setiap lubang, harap pastikan bahwa selalu menyiram bibit tanaman melon tersebut agar tidak layu. Gunakan waktu sore hari untuk menanamnya.

4. Pasang Ajir

Agar buah yang dihasilkan tidak berukuran kecil, petani bisa memasang ajir untuk menopang buah. Ajir digunakan sebagai media rambat untuk melon agar tidak langsung menyentuh tanah. Pemasangan ajir dilakukan tiga hari setelah penanaman bibit. Ukuran untuk ajir adalah 1,5 m.

5. Siram Secara Teratur

Langkah terakhir adalah dengan menyiram buah secara teratur selama 10 hari. Proses penyiraman dilakukan setiap sore hari. Setelah lewat dari 10 hari, lakukan penyiraman selama dua hari sekali. Jangan lupa perhatikan saluran air pada bedengan supaya tekstur tanahnya tidak terlalu basah.

Kini masalah tanaman melon masih kecil bisa teratasi dengan mudah setelah membaca dan mempelajari informasi di atas. Petani melon harus sabar dan selalu memperhatikan tanaman agar menghasilkan buah yang berkualitas bagus. Semoga bermanfaat.

Dapatkan Diskon Besar Hingga 90% Dari Shopee Khusus Untuk Pupuk!

Leave a Comment