Perbedaan USB Type A, Type C dan Lightning

Perbedaan USB Type A, Type C dan Lightning – Perkembangan teknologi yang terus berkembang menyebabkan banyaknya tipe-tipe USB baru dibuat.

Dengan banyaknya pilihan tipe USB membuat kita kesulitan mengetahui perbedaan dari masing-masing USB. USB Type A, Type C dan Lightning adalah tiga bentuk USB yang paling umum, dan untuk mengetahui perbedaan di antara ketiganya sangatlah penting, untuk itu pada artikel ini kami akan membahas Perbedaan USB Type A, Type C dan Lightning.

Apa Itu UBS Type A?

Koneksi USB Type-A mengacu pada desain fisik port USB. Setiap koneksi USB terdiri dari port di perangkat host, kabel penghubung dan perangkat reseptor. USB-A memiliki desain port host USB paling mudah dikenali.

SRC : Digitaltrends.com

Ini adalah port horizontal dengan bagian bawah didedikasikan untuk konektor pin. Pengaturan ini menciptakan koneksi USB, sehingga kabel yang dimasukkan dapat tertancap dengan baik.

Apa Itu USB Type C?

USB-C adalah desain port baru yang diumumkan secara resmi pada tahun 2014, meskipun butuh beberapa tahun agar port tersebut dapat dikenal secara luas seperti sekarang.

Untuk sekarang smartphone-smartphone baru mulai menggunakan USB type C ini karena dinilai lebih ramping dan juga ringkas.

Apa Itu USB Lightning?

USB Lightning diperkenalkan pada tahun 2012 dengan kedatangan iPhone 5 dan, tidak lama kemudian, iPad 4. Walapun fungsinya sama yakni untuk mengisi daya dan menghubungkan ke perangkat lain seperti laptop.

Untuk lebih mudah dimengerti, USB Lightning adalah port khusus yang disediakan oleh perusahaan Apple sebagai USB yang digunakan oleh konsumennya.

Perbedaan USB Type A, Type C dan Lightning

Kabelnya sendiri kecil dengan adaptor Lightning tipis di satu sisi dan adaptor USB-A standar di sisi lain. Konektor lightning 80 persen lebih kecil dari konektor 30-pin yang diganti dan sepenuhnya dapat dibalik, yang berarti tidak masalah ke arah mana konektor menghadap saat Anda mencolokkannya ke port Lightning.

Perbedaan USB Type A, Type C dan Lightning

Berikutnya setelah kita mengenal masing-masing dari type USB yang ada, maka berikutnya mari kita lihat perbedaan dari masing-masing USB. Di sini kami sudah membuatkannya dalam bentuk table agar Anda mudah untuk membedakannya masing-masing Port:

Type AType CLightning
Lebih di kenal oleh masyarakatMasih jarang di masyarakatkebanyakan masyarakat belum mengenal Tipe USB ini
Masih Memiliki volt standarlebih bertenaga daripada port lama. dapat dengan mudah memberi daya pada perangkat yang lebih besar.Hanya mendukung perangkat dari Iphone untuk terhubung
Ukurannya masih terlalu besar untuk tipe USBUkurannya cukup ramping dan dapat digunakan di semua arahSangat kecil jika di bandingkan USB lainnya, dan dapat dicolokan di semua arah
Harga berkisar 15-50rbHarga berkisar 75rb-200rbHarga berkisar 100rb-1jt
Tidak ramah lingkunganTidak ramah lingkunganTidak ramah lingkungan

Itulah 5 perbandingan yang bisa kami simpulkan dari beberapa referensi yang ada.

Penutup

Penggunaan kabel USB dapat Anda tentukan dari perangkat yang Anda gunakan sekarang, Jadi jangan membeli USB type A jika perangkat yang Anda gunakan sudah mendukung USB type C.

Demikian pembahasan terkait Perbedaan USB Type A, Type C dan Lightning semoga bisa bermanfaat 🙂

Leave a Comment