Terkini

Update Windows Defender Diduga Merusak Fitur sfc/scannow di Windows 10

Setiap update yang diberikan Microsoft pada Windows 10, selalu saja ada masalah yang mengikutinya.

Kali ini dikabarkan kalau sebuah fitur bawaan dari Windows (sfc/scannow) yang mana fitur ini biasanya digunakan untuk melakukan perbaikan pada sistem yang hilang atau rusak. Dikabarkan akan bekerja seperti biasa namun akan gagal diakhir proses ketika ada permasalahan yang terjadi pada sistem.

Bisa dikatakan masalah ini akan terjadi jika pada proses sfc/scannow mendeteksi adanya kesalahan pada system. Bukan memperbaiki namun justru memunculkan pesan “Windows Resource Protection found corrupt files but was unable to fix some of them. For online repairs, details are included in the CBS log file located at windir\Logs\CBS\CBS.log. For example C:\Windows\Logs\CBS\CBS.log. For offline repairs, details are included in the log file provided by the /OFFLOGFILE flag.”

Dikutip dari Bleeping Computer, berdasarkan CBS.log file, SFC menyatakan bahwa hash untuk komponen Windows Defender PowerShell terletak di

C:\Windows\System32\WindowsPowerShell\v1.0\Modules\Defender tidak cocok dengan file dalam WinSxS folder.

Namun yang aneh adalah ketika memeriksa dengan perintah fsutil hardlink list hasilnya melaporkan bahwa file ini benar terhubung.

Hal ini tampaknya terkait dengan definisi update terbaru untuk Windows Defender yang dirilis tanggal 11 Juli pagi kemarin, yaitu versi 1.297.823.0.

Jika Anda mengalami masalah seperti di atas, beberapa pengguna lain melaporkan dapat memperbaiki masalah di atas dengan menjalankan perintah DISM berikut:

 

DISM /Online /Cleanup-Image /CheckHealth

DISM /Online /Cleanup-Image /ScanHealth

DISM /Online /Cleanup-Image /RestoreHealth

 

Bagi yang tidak ingin menggunakan perintah ini, dapat menunggu cumulative update yang akan dirilis Microsoft selanjutnya.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close